About “Good-bye days”

yui_goodbyedays

Hai hai… Wah, mohon maaf blog ILY udah lama ga update. Maklumlah, para admin lagi sibuk di dunia nyata. YUI sendiri mungkin juga lagi sibuk dengan kegiatannya di dunia nyata setelah menyatakan hiatus bulan November tahun lalu. Oke deh, daripada blog vakum, sekarang saya akan membahas tentang lagu YUI yang sangat fenomenal, yaitu Good-bye days….

Taiyo no uta pamphlet 01

Para YL pasti tidak asing lagi dengan lagu “Good-bye days” milik YUI ini. Yap, lagu Good-bye days memang paling fenomenal menurut saya. Bagaimana tidak, lagu ini memang yang paling sering dibawakan dalam live, paling banyak dicover oleh penyanyi lain, dan yang paling penting adalah lagu ini merupakan soundtrack dari satu-satunya movie YUI yang berjudul “Taiyou no Uta” (Nyanyian Matahari).

2006 a

Good-bye days dirilis sebagai single pada tanggal 14 Juni 2006 dengan tajuk ‘YUI for Kaoru Amane’. Saya sendiri sebenarnya kurang tahu persis maksud dari kata-kata tersebut. Namun menurut saya, lagu ini dipersembahkan YUI untuk karakter “Kaoru Amane” yang diperankannya dalam movie “Taiyou no Uta”. Dalam movie ini, Kaoru Amane mengidap penyakit langka bernama Xeroderma pigmentosum. Penyakit ini menyebabkan penderitanya tidak dapat terkena sinar matahari karena kulit akan melepuh. Lama-kelamaan kulit yang terkena sinar matahari bisa menjadi kanker dan menyebabkan kematian pada penderitanya.

2006 b

Kaoru Amane harus menjalani hidup pada malam hari agar tidak terpapar dengan sinar matahari. Dia lebih senang bernyanyi di taman kota sambil memainkan gitar akustik. Sampailah pada suatu saat Kaoru bertemu dengan seorang pria bernama Fujishiro Kouji. Kaoru yang menyukai Kouji akhirnya harus menyadari bahwa mereka tidak bisa bersama… Lagu Good-bye days sendiri menurut saya persis menggambarkan perasaan Kaoru tersebut.

2006 c

“Aku sudah memutuskan untuk bertemu denganmu
Karena aku ingin engkau mendengarkan lagu yang ada di sakuku
Perlahan aku naikkan volumenya untuk memastikan semuanya pas.

Oh good-bye days
Sekarang semuanya berubah
Bahkan masa lalu yang sudah begitu lama
Kau tidak keren, namun berada di sisiku dengan lembut
Lalalalala denganmu”

Lirik lagu ini diawali dengan keberanian seorang Kaoru untuk bertemu dengan pria yang disukainya. Memberikan sebuah lagu yang diperuntukkan untuk Kouji. Lirik ini seolah menceritakan tentang masa lalu yang berubah karena pertemuan dengan seseorang. Yah, perasaan bahagia yang tidak pernah dirasakan sebelumnya. Seorang Kouji digambarkan bukan sebagai orang yang keren. Dia sering membolos, tidur dalam kelas dan bercanda dengan teman-teman. Namun sisinya yang lembut mampu menentramkan hati Kaoru.

2006 d

“Kuberikan satu sisi earphoneku padamu
Perlahan musik pun mulai mengalir
Bisakah aku mencintaimu dengan baik? Tapi kadang aku tak merasa begitu

Oh good-bye days
Sekarang semuanya mulai berubah
Namun dalam hatiku tidak apa-apa
Kau tidak keren, namun berada di sisiku dengan lembut
Lalalalala denganmu”

Dalam lirik ini digambarkan tentang perasaan Kaoru yang tidak yakin akan bisa mencintai Kouji dengan baik. Terang saja, dia mempunyai penyakit yang membuatnya tidak bisa terus berada di sisi Kouji. Namun dalam hati Kaoru tetap meyakinkan dirinya kalau semua hal akan berjalan dengan baik.

2007 a

“Jika bisa, aku tidak ingin memikirkan kesedihan
Tapi hal itu akan datang lagi,kan?
Di saat itu dengan tersenyum
“Yeah! Halo, kawanku” Bagaimana aku akan mengatakannya?
Tidak apa-apa jika aku berteriak

Saat aku menyenandungkan lagu yang sama
Aku harap engkau berada di sisiku
Kau tidak keren, namun aku senang bertemu dengan dirimu yang lembut
Lalalala good-bye days…”

Dalam lirik ini,kembali digambarkan keresahan hati Kaoru yang mungkin akan kehilangan Kouji. Bisa jadi dia merasa Kouji akan meninggalkannya jika seandainya Kouji tahu bahwa Kaoru mengidap suatu penyakit langka yang mematikan. Sanggupkah dia merasakan kesedihan itu? Dibalik kebimbangannya, Kaoru tetap berharap agar Kouji bisa selalu di sisinya, karena kelembutan pria itu telah menyentuh hatinya yang paling dalam..

2008 a

Hehe… Begitulah kira-kira penafsiran saya tentang lagu Good-bye days. Para YL mungkin juga punya pendapat sendiri tentang makna lagu ini. Banyak yang berpendapat tentang arti kata “Good-bye days” itu sendiri. Walaupun hanya YUI yang tahu tentang makna lagu-lagunya, namun menurut saya “Good-bye days” berarti “Hari-hari Perpisahan”.

2008 b

Menurut saya lagu tersebut lebih menceritakan tentang kegelisahan seorang Kaoru jika tiba saatnya dia berpisah dengan pria yang disukainya. Sebelum hari perpisahan itu datang, dia ingin mengingat segala hal baik dan kelembutan yang dirasakannya bersama Kouji. Paling tidak, dia sudah siap jika suatu saat dia harus berpisah dengan Kouji karena keterbatasannya.

2010

Good-bye days menjadi lagu yang sangat populer di kalangan para YL. Tidak berlebihan rasanya jika saya katakan bahwa sebagian besar YL mengenal YUI dari Good-bye days atau Taiyou no Uta. Diantara lagu-lagu YUI yang lain, Good-bye days lah yang paling sering ditampilkan dalam acara live ataupun tour.

2012 a

Setelah menterjemahkan lagu ini, saya jadi benar-benar merasa sedih setiap mendengar lagu Good-bye days. Apalagi sejak YUI memngumumkan dirinya akan hiatus dari dunia musik. Lagu ini seolah-olah memang disuguhkan sebagai lagu perpisahan YUI. Yap,apapun jalan yang akan diambil YUI, itu adalah keputusannya. Kita sebagai fans hanya bisa mendukung. Terus berkarya, YUI!

last_goodbyedays_kouhaku2012

28 thoughts on “About “Good-bye days”

  1. Sugoii,
    setuju deh sama kamu🙂
    lagu ini bener2 “WAH”, spesial, lagu ini pula awal mula saya suka YUI, dan sampai sekarang tetap mjdi lagu favorit saya😀
    Thanks bwt penjelasannya, jd lebih tahu ttg lagu ini….

  2. bener banget,,, lagu goodbye days adalah lagu yang keren dan menyentuh

    aku kenal YUI juga lewat lagu ini dan film Taiyou no Uta
    aku paling suka saat YUI menyanyi kan lagu goodbye days dan it’s happy line dengan gitar accoustic.nya,,, keren

  3. aku jatuh cinta sama YUI lewat film ini… dan Good bye days :))
    *karakter kaoru amane juga gak beda jauh sama YUI. bisa dibilang the real YUI lah..

  4. Wah… Maaf kelamaan balasnya,ya..🙂
    Saya pernah dengar (atau baca? –> lupa),bahwa kedua lagu tersebut memang ada hubungannya.

    Seingat saya,lagu I remember you diciptakan YUI untuk mengenang karakter Kaoru Amane yang pernah diperankannya. YUI ingin melepaskan karakter Kaoru Amane,sehingga dia membuat suatu lagu “perpisahan”,namun akan selalu mengingat karakter tersebut dan kenangan yg pernah dialaminya selama memerankan Kaoru (mungkin termasuk pengalaman saat syuting kali,ya…).

    Tapi saya juga berfikir kalau mungkin juga lagu ini dibuat untuk ucapan perpisahan untuk peran aktingnya. Karena setelah film Taiyou no Uta,YUI mengatakan bahwa dia lebih memilih fokus ke bernyanyi daripada berakting. Terbukti setelah Taiyou no Uta, YUI tidak pernah mengambil jalur akting,kecuali memerankan peran singkat sebagai cameo di film Kaitou Royale.

    Setting PV I remember you yang mengambil lokasi pengambilan gambar Taiyou no Uta semakin menguatkan kalau kedua lagu tersebut memang saling berhubungan..

    Begitulah menurut saya.🙂

  5. oalah..😮 bener jga sih, aktingnya di Taiyou no Uta emang gk terlalu greget, tapi pas mulai nggitar & nyanyi langsung “wah” rasanya..😀
    semangat buat Indonesia Loves YUI😀

  6. aq knal Yui jg lwat good bye days,, ‘n stlah it aq sbarin deh k.tman” sklas. y walaupn awalx mreka blum trtarik, tpi smenjak mrka nnt0n m0vie taiyou no uta, mrka jg jd langsg pd nge fans

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s